Friday, December 29, 2017

Resep Resep Tongseng Kambing

Pertama kali makan dan doyan tongseng kambing yaitu ketika diajak sahabat kos aku makan tongseng di daerah jatinegara. Lupa apa nama warungnya, tapi deket sama pasar maester. Bener kata temen aku ini, kuah tongsengnya seger, dagingnya empuk dan bumbunya berasa..
Keluarga besar aku di jogja bukan pecinta kuliner berbahan kambing, jadi memang jarang ada kuliner ini di rumah. Sedangkan hubby, beliau dan keluarganya doyan banget sama yang namanya daging embek ini. Tapi setahu aku juga ga pernah bikin tongseng di rumah. Lebih sering dimasak rabek (yang juga enak..slurp!). Nah, ketika aku mencoba bikin sendiri kuliner tongseng ini, suami suka beraat. Anak-anak juga. Apalagi jikalau makan yang bab ada tulangnya, nikmaat.. Meski pedes-pedes dan harus bolak-balik minum di tengah-tengah-tengah makan, tetep aja mereka doyan. Tapi supaya bawah umur ga terlalu kepedesan, sekarang biasanya takaran cabai aku kurangi..atau kadang diganti pakai cabai merah besar yang dibuang bijinya.




Beberapa kali jikalau ada program kumpul-kumpul sama teman-teman indonesia di rumah, aku masakin tongseng ini. Saya potong kecil-kecil dagingnya, banyakin kuahnya, semoga jadi banyak, semua kebagian, hihihi.. Kata teman-teman, nendaaang rasanya. Aseli indonesah. Ya iyalah..bikinnya pake resep indonesah, hihihi..


Tongseng Kambing

Bahan-bahan:
500 gr daging kambing, potong-potong
1 batang sereh, digeprek
2 lembar daun salam
1 buah tomat besar, potong-potong
bbrp lembar daun kol, potong-potong
2 cm jahe, digeprek
5 sdm kecap manis
3 cabai merah, iris serong  tipis
700 ml santan
1 sdm air jeruk nipis

Bumbu halus:

1 buah shallot (4 butir bawang merah)
4 siung bawang putih
3 kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt kunyit
2 sdt garam
1 sdt gula
1/2 sdt merica

Cara membuat:

1. Tumis bumbu halus, sereh, daun salam dan jahe sampai bau dan matang. 
2. Masukkan daging kambing, aduk sampai berubah warna. Masukkan santan dan kecap. Didihkan perlahan sambil sesekali diaduk.
3. Masukkan tomat, kol sesaat sebelum diangkat. Berikan perasan jeruk nipis. Siap dihidangkan

Saya jarang menggunakan kol dalam kuliner tongseng saya. Bukan apa-apa, alasannya kol disini gede-gedee ukurannya..ga mampu beli setengah atau seperempatnya aja gtuh..Kan kalo beli sayang abisnya lama dan kadang keburu jamuran, hehe

Nah, ijo-ijonya aku pake acar aja. Biasanya aku bikin acar wortel mentimun yang tidak dimasak tapi hanya diguyur air panas saja dan tanpa cuka. Kalau pas bikin nanti aku posting insyaAllah..

Artikel Terkait

Resep Resep Tongseng Kambing
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email